Peluang yang datang sendiri

Jika usaha kita sdh beredar di internet, maka ada saja peluang lain yg datang dari orang lain untuk produk yg sebenarnya bukan bidang kita. Ini adalah sebuah peluang memperluas pasar jika kita bisa menyediakan produk yg diminta tsb. Caranya bagaimana?

Kita bisa cari sendiri di internet atau menanyakan ke teman2 kita atau jaringan kita yg bergerak di bidang tsb.

Contoh nyata, saya selama ini tdk menyediakan dan tidak tahu apa itu peak loupe. Tapi karena ada yg menanyakan, maka saya carilah peak loupe itu di internet. Saya temukan banyak sekali sumber, tapi di luar negeri semua shg agak sulit direalisasikan. Tapi apakah krn untung atau bukan, akhirnya saya bertemu juga penyedia di dalam negeri. Akhirnya peak loupe masuk dalam salah satu produk yg saya sediakan dan sudah ada transaksi beberapa kali dalam setahun.

Prinsip saya tetap bisnis tanpa modal. Jadi saat ada yg butuh peak loupe, sayapun mengirimkan penawaran. Saya minta dia bayar di depan. Kemudian dg uang itu saya belilah peak loupe dari pemasok saya.

Karena barang itu susah dicari, saya berani ambil untung hampir 100%. Bayangkan, tanpa modal, tapi dapat untung 100%.

Saya spontan menulis ini krn hari ini saya dapat permintaan plate settler fiber dari orang. Padahal yg biasa saya sediakan bukan plate tapi tube settler dari jenis policarbonat. Sebagai sebuah peluang, saya kontak jaringan saya yg kira2 punya produk tsb. Salah satu jaringan sdh membalas dan memberikan referensi sebuah pabrikan. Saya langsung hubungi pabrikan tsb dan skrg menunggu balasan dari dia.

Produk lain dg pola spt di atas adalah turbin ventilator atau roof fan. Ada yg tanya, lalu saya searching. Setelah ketemu, dia jadi partner saya. Saya dapat marketing fee dari dia. Dan sdh ada dua atau tiga kali transaksi yg deal. Lagi2 ini juga tanpa modal.

Tapi bukan berarti semuanya mulus spt di atas. Banyak juga yg hanya tanya2 saja tanpa closing. Contohnya permintaan honey comb atau sarang tawon. Saya berhasil dapat sumbernya. Mungkin ada hampir 20 permintaan honey comb yg saya terima, tapi blm ada satupun yg deal. Pernah sdh hampir deal, bahkan saya sdh visit ke proyeknya dan dia benar2 butuh. Tapi tdk ada kelanjutannya. Tapi tdk apa2 krn ini sangat biasa dalam bisnis.

Apa yg ingin saya tekankan dalam posting ini adalah:

1. Selalu ada peluang2 baru kalau kita sdh berkecimpung di bisnis.

2. Saya masih bisa melakukan bisnis tanpa modal dan menghasilkan.

Artikel Terkait