Batal Membeli

Dalam berjualan saya selalu berusaha memenuhi setiap permintaan pelanggan selama itu bisa saya penuhi. Contohnya tiga hari yg lalu, ada pelanggan yg membeli face shield 2 box atau 100 pcs. Dia sudah transfer pembayarannya dan barang tinggal dikirim. Tapi kemudian dia tanya apakah bisa dicancel saja. Demi menjaga hubungan baik dg pelanggan maka saya bilang ok utk cancel dan tidak ada masalah. Saya lanjutkan dg mengatakan uangnya akan saya kembalikan dan minta info nomor rekeningnya.

Lalu dia kirim nomor rekeningnya. Tapi tak lama kemudian dia bilang lagi tunggu dulu. Dia mau bicara lagi dg yayasan. Ternyata kemudian dia kirim pesan WA lagi tidak jadi cancel. Tetap lanjut dikirim katanya. Saya jawab baik, makasih, kami akan kirim barangnya.

Jadi saya heran jika ada penjual lain yg merasa kesal pada pelanggan yg hanya tanya2 saja tapi tdk jadi membeli. Kalau saya apapun tanya2 pelanggan selalu akan saya layani sejauh apapun.

Saya juga heran pada penjual yg tdk mengangkat telepon pembeli dan tdk membalas pesan WA. Kalau saya selalu mengangkat telepon dari siapapun dan malah terutama dari telepon tdk dikenal. Krn justru hampir semua transaksi penjualan saya berawal dari telepon masuk dari nomor tdk dikenal.

Dua poin terakhir di atas saya alami sendiri selaku pembeli. Saya mengalami penjual yg kesal saat saya tanya2. Saya juga mengalami telepon tdk diangkat walau sdh telepon berkali2. Saya jg mengalami pesan WA yg tidak dibalas.

Saya tdk bisa membayangkan respon penjual tipe di atas jika ada pembeli yg membatalkan order dan minta uang kembali. Jika hanya tanya2 saja dia sudah begitu kesal, apalagi jika ada pembeli yg cancel dan minta uang kembali. Kira2 reaksinya seperti apa ya?

Artikel Terkait