Mengirim Barang

Customer saya sebuah sekolah di Pacet dekat Cipanas akhirnya memutuskan utk membeli face shield 500 pcs. Mereka memutuskan berani beli banyak krn saya sudah mengirim 3 sampel produk.

Sebagai suplier saya tidak pernah mendikte customer krn tahu bahwa customer tdk suka didikte. Apalagi sebelumnya dalam percakapan telepon dia mengatakan sdh dapat banyak penawaran dari yg lain dan dia sdh melihat barangnya. Sedangkan barang dari saya baru berupa foto saja.

Dari melihat foto dia mengatakan bahwa produk saya terlihat lebih baik namun dia belum yakin krn belum melihat langsung. Oleh karena itu saya menawarkan utk mengirim sampel. Dan karena saya tdk ingin mendikte customer, maka saya sampaikan bahwa saya akan kirim 3 sampel dari 3 produk yg berbeda. Silahkan ibu pilih mana yg lebih baik. Demikian kata saya waktu itu.

Sebagai suplier yg selalu berusaha memberikan pilihan pada customer maka saya tdk ingin terpaku hanya pada satu produk atau satu merek saja. Begitu juga dg face shield, saya  menyediakan paling tidak ada tiga merek yakni merek new era, #bagimunegeri dan QIF19.

O ya, ngomong2 merek yg nomor 2 dia atas memang agak aneh. Tapi itulah yg tercantum di framenya dan di kemasannya. Tertulis #bagimunegeri.

Singkat cerita hari ini saya terima pesan wa bahwa dia order 500pcs dan bagaimana mekanismenya. Dengan total 11 dus dan total berat 44 kg maka saya sampaikan bahwa ongkir dg reguler jne 968.000. Saya tahu ini cukup besar sehingga saya bilang akan coba cari alternatif lain. Kemudian saya dapat info ada jne trucking dg ongkir lebih murah hanya 300rb tapi lama pengiriman seminggu. Saat ini saya tawarkan dia masih minta yg lebih murah dan cepat.

Wah, ini merepotkan juga. Mana ada ekspedisi yg lebih murah lagi tapi juga lebih cepat. Ada juga ekspedisi lain yg menawarkan 180rb, tapi tetap saja butuh seminggu pengiriman.

Tapi tiba2 saya dapat ide utk saya kirim sendiri. Ongkir sama 300rb tapi barang dia terima besok pagi. Dia setuju dan kami deal.

Dia senang namun saya juga happy. Tahu kenapa saya happy? Krn besok hari ahad saya harus jemput anak dari sekolah boardingnya di Sukabumi. Jadi ada tidak ada order dari sekolah di daerah puncak ini maka tetap saja saya harus ke ciawi dulu utk menuju sukabumi. Padahal dari ciawi tdk terlalu jauh lagi menuju lokasi pembeli.

Saya happy krn mendapat 4 benefit.

1. Utk menjemput anak ke sukabumi maka saya harus keluar uang utk  bensin dan tol. Skrg biaya bensin dan tol akan tertutup dari ongkir 300rb yg saya terima. Jadi hemat pengeluaran.

2. Saya mendapatkan order besar 500 pcs. Selama ini customer kebanyakan order 50 pcs dan 100 pcs saja.

3. Order ini terselesaikan dg baik. Biaya ongkir yg tadinya mungkin jadi kendala malah bisa disolve dg sangat baik dan malah menguntungkan.

4. Customer dapat pelayanan memuaskan. Barang datang sangat cepat dg sentuhan service sangat personal krn langsung saya sendiri yg mengantarkan.

Artikel Terkait