Cordova Trip Singapore Malaysia, no 5

5. Kebanyakan orang mungkin mengira bahwa yg dilakukan anak2 cordova ke singapura dan malaysia ini adalah tur atau jalan2 biasa yang dibungkus dg sebutan study tour. Unsur jalan2nya mungkin ada, tapi tidaklah seperti yg dibayangkan orang. Dari lima hari yg tersedia, satu hari sudah habis hanya utk perjalanan saja yakni setengah hari perjalanan pergi ditambah setengah hari lagi utk pulang.

Mengapa waktu di perjalanan menjadi begitu lama? Karena rombongan terbagi menjadi empat flight dg maskapai dan schedule yg berbeda. Kenapa perlu empat flight? Karena seat promo pada setiap filght sangat terbatas sekali sehingga total 65 murid perlu displit menjadi empat rombongan. Rombongan pertama dan kedua berangkat jam 1 pagi dari cikarang utk mencapai flight jam 6 dan 6.30 pagi. Rombongan ketiga dan keempat berangkat jam 3 pagi utk mengejar flight jam 7.30 dan 8 pagi. Rombongan pertama sdh sampai di changi jam 9 sedangkan rombongan terakhir baru start jam 8 pagi yg sayang sekali ternyata delay 1 jam.

Singkat cerita, semua rombongan lengkap baru bisa keluar dari bandara changi setelah jam 13 lewat. Padahal jatah eksplor singapura hanya hari ini saja dg lokasi kunjungan yg cukup banyak yakni masjid sultan, bugis, gardens by the bay, merlion, sentosa dan mustafa center. Saya sdh pesimis saja bahwa semua bisa didatangi. Tapi sungguh ajaib, ternyata semua bisa terkunjungi, termasuk dua plot gardens by the bay yakni flower dome dan cloud of the jungle. Jadi bisa dibayangkan betapa padatnya schedule anak2.

Biaya penginapan di singapura sangat mencekik leher. Oleh karena itu tim sengaja merancang utk tdk menginap di sini. Malam itu juga anak2 akan langsung ke kuala lumpur dengan bus. Menginap dan tidur pada hari pertama cukup di dalam bus saja. Tidur di dalam bus dalam perjalanan singapura – kuala lumpur adalah juga salah satu strategi tim dalam melakukan cost down biaya.
Anak2 tdk bisa langsung tidur saat di bus karena tkd lama lagi akan menghadapi dua pemeriksaan imigrasi. Pertama adalah pemeriksaan imigrasi singapura. Selesai pemeriksaan anak2 naik bus lagi. Belum juga berjalan jauh, kita harus turun bus lagi utk pemeriksaan imigrasi malaysia yg agak menyiksa. Masalahnya semua koper harus diturunkan dan dibawa sendiri. Mana jalan kakinya jauh sekali sejak turun bus sampai akhirnya sampai di meja imigrasi. Setelah itu barulah anak2 bisa tidur sejenak karena masih perlu perlu makan malam dulu setelah sampai di wilayah malaysia. Tidur malam yang sebenarnya di dalam bus baru bisa dilakukan setelah selesai makan malam.

Jam 4 pagi bus berhenti di tempat istirahat tol. Anak2 turun utk mandi, sholat subuh dan sarapan. Berbeda dg tempat istirahat tol di indonesia, di sini disediakan banyak kamar mandi yg bisa kita manfaatkan. Jadi cukup nyamanlah.

Dalam kondisi segar setelah mandi, sholat dan makan, perjalanan dilanjutkan ke putra jaya. Setelah itu ke batu cave, makan siang dan ke masjid negara utk sholat jamat zuhur dan ashar. Dari sini ke central market pasar seni agar anak2 bisa beli sedikit oleh2 utk keluarga. Kegiatan hari ini berakhir dg cek in di hotel di daerah bukit bintang. Selesailah atau habislah jatah waktu satu setengah hari untuk mengeksplor dua negara sekaligus yakni singapura dan malaysia. Tidak ada jatah waktu lagi untuk yang namanya jalan2 karena hari besok dan lusanya full untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar malaysia yg disebutnya sekolah rendah. Jadi orang2 pastilah salah kira jika menganggap anak2 itu hanya jalan2 tur saja. Satu setengah hari untuk mengeksplor dua negara berbanding dua hari full masuk kelas dan belajar bersama anak2 malaysia atau tepatnya budak2 malaysia dalam bahasa melayunya.

 

 

 

Artikel Terkait