Cordova Trip Singapore Malaysia, no 6

6. Kunjungan anak2 sdit plus cordova ke singapura dan malaysia bukanlah study tour modus. Secara keren disebut study tour, padahal hanya jalan2. Bukan sama sekali. Cordova jauh dari itu. Ini semua bukan adalah pembelajaran. Mulai dari pembelajaran ketrampilan umum. Bgmn membuat itinerary efektif, berkomunikasi dg sekolah di malaysia, melakukan cost down, mencari tiket paling murah, mencari hotel paling ekonomis, mengelola kedatangan rombongan yang terpisah2, melakukan cek in di bandara, pemeriksaan imigrasi, mengatur bawaan agar semua bisa masuk kabin tanpa koper bagasi dan banyak lagi.

Bagi anak2 ini juga pembelajaran. Mereka cek in sendiri, menghadapi imigrasi sendiri, belajar fokus agar tdk terpisah dari rombongan, bergerak cepat, mengurus diri sendiri, mengatur waktu, kapan bangun, mandi, sholat dsb. Lalu bergaul dan berkomunikasi dg teman2 baru di sekolah malaysia, mengikuti pelajaran di kelas, mendengar cik gu menerangkan dg bahasa yg tdk lazim di telinga kita (tapi skrg kita sdh agak terbiasa dg bahasa melayu ini berkat ipin upin). Selanjutnya tahu cara mengeksplor negara lain dan budaya lain. Dan terakhir yg paling penting, pembelajaran saat gabung dan masuk di kelas2 sd malaysia dan mengikuti pembelajaran dua hari penuh pagi sampai sore. Jadi sungguh, ini bukanlah study tour modus. Ini adalah perjalanan pembelajaran.

Marilah kita membayangkan betapa ketatnya pembelajaran ini. Jam sekolah di malaysia dimulai jam 07.30. Anak2 sdh harus bangun jam 4 pagi. Butuh waktu utk mandi krn harus antri. Lalu sarapan sampai jam 06.00. Setelah itu balik ke kamar utk sholat subuh krn waktu subuh di sini jam 06.10. Jam 06.15 harus sdh ke lobi dan naik bus jemputan ke sekolah rendah al amin di keramat dan gombak.

Untuk lebih mudah membayangkannya, jadual jam masuk sekolah malaysia saya simulasikan dg jam cikarang dengan memperhatikan waktu sholat subuh dan beda waktu satu jam antara indonesia dan malaysia sebagai patokan.
Waktu subuh di malaysia jam 06.10 sedangkan jam sekolah adalah jam 07.30. Jika hadir di sekolah 20 menit sebelum jam masuk, berarti 1 jam setelah subuh anak2 sdh harus sampai di sekolah.

Kita di cikarang waktu subuh adalah jam 04.45. Dengan mengikuti jam sekolah malaysia dan memperhatikan beda waktu 1 jam, maka jam sekolah di cikarang adalah jam 06.05. Bisakah kita membayangkan, sekolah dimulai jam 06.05 teng? Tapi itulah yg terjadi di malaysia. Jadual itulah yg harus diikuti oleh anak2 cordova. Apakah ini bukan sebuah pembelajaran. Bahwa perjalanan singapura-malaysia ini bukan jalan2, tp benar2 sebuah pembelajaran.

 

 

 

 

Artikel Terkait