7. Jebakan Batman

Saya menulis catatan traveling ini bukan karena ingin pamer tapi karena saya memang ingin menulis sebagaimana Triniti menulis serial The Naked Travelernya. Sebagaimana HOK Tansil menulis kisah2 perjalanannya di majalah Intisari tahun 70an dan 80an. Sebagaimana juga Habiburrahman El Shirazy, Tere Liye dan Andrea Hirata juga menulis. Semua menulis namun dengan genre yang berbeda. Ada yang penulis traveling dan ada yang penulis fiksi.

Kadang2 ada komen dari pembaca tulisan saya di FB dan WAG memberikan apresiasi rasa sukanya dan mengatakan tulisan saya bermanfaat. Tentu saja saya merasa bahagia bahwa tulisan saya disukai dan bermanfaat. Ada juga silent reader yang tidak pernah komen namun akhirnya komen juga mengaku sebagai silent reader.

Yang orang tidak banyak tahu adalah bahwa postingan2 itu juga bermanfaat untuk saya. Saya banyak dapat masukan yang sangat berharga dari komen2 yang masuk berkat saya menulis. Coba saya tidak menulis maka saya tidak akan dapat berbagai masukan. Salah satunya adalah info tentang jebakan batman tiket pesawat lokal Amerika.

Harga tiket lokal antar kota atau state boleh dikatakan murah. Kita yang tidak tahu akan berpikir wah ini murah nih. Lalu langsung saja main order. Padahal jebakannya di sini. Itu hanya harga tiket saja belum termasuk barang bawaan.

Ceritanya saya mulai searching tiket pesawat dari Chicago ke Las Vegas. Salah satu maskapai yang memberikan harga termurah adalah Frontier Airlines. Saya akan cerita secara detil agar yang baca bisa dapat pengalaman juga.

Awalnya saya buka aplikasi Skyscanner. Ini adalah aplikasi yang memuat info harga tiket murah. Dulu saya sudah tahu Skyscanner ini namun belum pernah saya pakai. Sekarang jadi ingat lagi setelah dikasih tahu oleh tour leader rombongan sebelum ini.

Tiket termurah adalah dari maskapai Frontier Airlines yakni USD 100. Lalu aplikasi meminta kita untuk memilih media pembayaran seperti Trip, Nusatrip dan lain2. Saya coba pilih Nusatrip dan muncul info harga tiket USD 100 dan bagasi bisa dibeli di tempat.

Tapi kemudian saya berpikir kenapa tidak beli langsung ke maskapai sekalian cek berapa biaya bagasi. Jadi sayapun meninggalkan Nusatrip dan masuk ke Frontier.

Saya mencari info harga bagasi dan ternyata cukup rumit juga. Ukuran dimensi dinyatakan dalam inch dan berat dalam lbs. Jadi saya perlu konversi dulu inch ke cm dan lbs ke kg. Namun tidak hanya itu karena ada juga ketentuan bahwa ukuran bagasi yang dibolehkan adalah  linear inch 62″.

Saya tidak tahu apa itu linear inch sehingga terpaksa searching lagi cari info. Saya kutip di sini penjelasannya biar tidak capek mengetik lagi.

“They sometimes do this when talking about carry-on luggage, you might see an airline say… your carry-on bag can be 45 linear inches.

More frequently they use “linear inches” when talking about checked bags and often they’ll say… your checked luggage must not exceed 62 linear inches

This can be a little confusing because “linear inches” is not an expression that you normally hear anywhere anywhere else in life.

The airlines are speaking their own language and we, the passengers, are just supposed to figure out what they mean!

This post tells you what they mean and how to calculate linear inches so you know if your suitcase is going to be allowed or not.”

Intinya linear inch adalah penjumlahan panjang tambah lebar tambah tinggi koper. Untuk bagasi maka dibatasi linear inch 62″. Maka P+L+T=62″ atau 157 cm. Saya cek koper kami sudah memenuhi linear inch.

Tas kabin dibatasi 10″x16″×24″ dan berat 35 lbs atau 15 kg. Tarif tas kabin USD 54 jika pesan on line dan USD 79 jika pesan di tempat.

Bagasi dibatasi linear inch 62″ dan berat 18 kg. Bagasi 1 tarif USD 49 on line dan USD 79 di tempat. Bagasi 2 tarif 69 on line dan USD 89 di tempat.

Jumlah biaya bagasi 54+49+69=172. Harga tiket berdua 200 sehingga total USD 372 atau 5,9 jt. Awalnya saya anggap make sense berdua 5,9 jt karena artinya 3 jt per orang. Saya pikir okelah naik pesawat 3 jt per orang walau harga tiket murni sebenarnya hanya 1,6 jt.

Saya sudah hampir mau memesan saat tiba2 ingat pada pembatasan berat bagasi. Di web ada lagi info mengenai over weight. Untuk kelebihan 18,1 – 22,6 kg maka ada tambahan charge USD 50. Kelebihan 22,6 – 45,2 kg tambah USD 100. Dan seperti bisa diduga maka kedua koper kami akan kena tambahan charge lagi masing2 USD 100 atau USD 200 untuk 2 koper. Kalau dihitung semua maka kami harus bayar 372 + 200 = USD 572 atau hampir 9,2jt.

Di sinilah saya merasa sedih. Ternyata biaya untuk terbang dari Chicago ke Las Vegas saja sudah hampir 10 jt. Padahal tiket pesawat ke Amerika pp saja hanya 15 jt. Sangat tidak sebanding.

Ada memang saya coba cek perjalanan dengan kereta. Berangkat dari Chicago Rabu jam 14.50 dan sampai di Las Vegas Jumat jam 03.10 atau perjalanan selama lebih dari 38 jam. Dan tahukah saudara2 berapa harga tiketnya? Cukup 7,8 jt saja. Jadi biaya naik pesawat 9 jtan selama 3 jam dan naik kereta 7,8 jt selama 38 jam. Jika saudara2 dalam posisi saya maka apa yang saudara2 akan lakukan?

Bagasi yang harus dihitung dengan sangat teliti

Artikel Terkait