Logo dan Branding Politik.

Ini hanya analisa saya pribadi tentang logo Partai Ummat. Hanya tentang logo, bukan tentang partai dan tentang pendirinya. Jadi katakanlah semacam kritik seni.

Apa yg saya lihat dari logo ini adalah:

1. Begitu melihat logo ini maka asosiasi saya langsung pada perusahaan jasa outsourcing petugas security. Yakni perusahaan yg menyediakan satpam di bank dan perkantoran.

Mungkin perlu saya kasih tahu bahwa satpam diĀ  bank dan perkantoran itu bukanlah karyawan bank dan kantor tsb, tapi mereka adalah karyawan perusahaan jasa outsourcing security.

Nah, kebanyakan perusahaan jasa outsourcing security tsb menggunakan gambar perisai sebagai logo mereka. Tidak heran begitu melihat logo ini maka asosiasi saya langsung pada perusahaan security.

2. Lambang perisai hanya menciptakan mental bertahan dan kondisi yg statis. Bgmn mungkin semangat fighting dan kompetisi politik bisa muncul di jiwa kader jika mental yg terbentuk adalah mental bertahan dg lambang perisai ini.

3. Tag line lawan kezaliman, tegakkan keadilan menunjukkan semangat oposisi. Seolah2 partai ini dibuat hanya utk jadi oposisi abadi, bukan penguasa. Karena kata2 lawan kezaliman hanya keluar dari pihak oposisi. Padahal tujuan partai adalah berkuasa.

Adalah sangat janggal dan sangat lucu jika ada penguasa meneriakkan lawan kezaliman, padahal dia penguasa. Hanya oposisi yg pantas pakai bahasa itu. Jadi jika lawan kezaliman dijadikan tagline dan jati diri partai, artinya partai ini dibuat hanya utk jadi oposisi, bukan penguasa.

4. Lebih tepat taglinenya diubah menjadi menghancurkan kezaliman, menegakkan keadilan. Ini menggunakan kata kerja yg lebih tegas sehingga lebih menampakkan keaktifan dan spirit fighting. Cocok dipakai saat sebagai penguasa maupun sebagai oposisi. Coba rasakan bedanya. Lawan kezaliman hanya cocok diungkap saat sebagai oposisi. Tapi menghancurkan kezaliman cocok digunakan saat berkuasa maupun oposisi.

Kemudian lambang perisai tentu juga harus diganti. Mental yg hanya bisa bertahan tdk cocok utk politik dan selamanya tdk akan bisa berkuasa. Mana ada orang yg hanya bertahan akan bisa berkuasa.

Artikel Terkait