3. Dubai

Dalam setiap tulisan traveling saya biasa bercerita apa yang saya rasakan dan alami saja. Saya hampir tidak pernah menuliskan gambaran tentang destinasi kunjungan tersebut.

Saya jarang melakukan itu karena sudah banyak tulisan lain yang menggambarkannya. Selain itu saya menduga bahwa semua orang sudah tahu. Ataupun kalau belum tahu maka dengan mudah orang dapat melakukan googling.

Padahal akan lebih bagus jika saya sedikit memberikan pengantar tentang destinasi yang saya tuju tersebut. Namun saya tidak melakukannya karena setelah googling maka saya harus merangkum semua hasil pencarian google. Karena ini butuh usaha ekstra lagi maka saya malas melakukannya.

Tetapi setelah ada aplikasi chatGPT maka saya sedikit berubah. Dalam tulisan tentang Dubai kali ini saya menyertakan pengantar dulu. Saya mau melakukan ini karena semua sudah disediakan oleh chatGPT tanpa perlu dirangkun dan diringkas lagi. Di bawah ini adalah tentang Dubai menurut chatGPT.

Dubai adalah salah satu dari tujuh emirat yang membentuk Uni Emirat Arab, sebuah negara federasi di Timur Tengah. Dubai terletak di pantai selatan Teluk Persia dan merupakan kota terpadat kedua di Uni Emirat Arab setelah Abu Dhabi.

Dubai terkenal dengan kemewahan dan kemajuan ekonominya yang pesat. Kota ini memiliki banyak gedung pencakar langit, termasuk Burj Khalifa yang merupakan gedung tertinggi di dunia dengan ketinggian lebih dari 828 meter. Selain itu, Dubai juga memiliki Palm Jumeirah, sebuah pulau buatan yang memiliki bentuk seperti pohon palem dan menjadi salah satu ikon wisata Dubai.

Selain sebagai pusat bisnis dan perdagangan, Dubai juga merupakan pusat pariwisata yang terkenal di dunia. Kota ini menawarkan berbagai jenis aktivitas dan hiburan, mulai dari belanja di pusat perbelanjaan mewah, menikmati taman hiburan yang megah, hingga menikmati pantai dan fasilitas olahraga air.

Uni Emirat Arab, di sisi lain, merupakan sebuah negara yang terdiri dari tujuh emirat, yaitu Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras Al Khaimah, Sharjah, dan Umm Al Quwain. Negara ini terletak di kawasan Timur Tengah dan memiliki kekayaan minyak dan gas alam yang melimpah.

Uni Emirat Arab memiliki budaya yang kaya dan beragam. Meskipun bahasa resmi negara ini adalah bahasa Arab, namun banyak juga warga negara yang fasih berbahasa Inggris. Islam adalah agama resmi di Uni Emirat Arab, namun negara ini juga menerima keberagaman agama dan budaya.

Negara ini telah mengalami banyak kemajuan dan perubahan dalam beberapa dekade terakhir. Selain memperoleh kekayaan dari sumber daya alam, Uni Emirat Arab juga memperoleh pendapatan yang besar dari sektor pariwisata, perdagangan, dan investasi asing. Negara ini juga mempunyai infrastruktur yang modern dan canggih, sehingga membuatnya menjadi salah satu negara terkaya dan paling maju di kawasan Timur Tengah.

Itulah kata chatGPT tentang Dubai. Selanjutnya adalah apa kata saya tentang Dubai. Apa saja yang saya lihat dan rasakan di sini.

Kesan pertama kita setiap datang ke suatu negara tentulah bandaranya. Bandara Dubai sangat besar, bersih dan interior yang modern. Ini sesuai dengan bayangan saya. Sangat beda dengan bandara John F Kennedy New York yang tadinya saya bayangkan besar dan megah ternyata malah sangat sederhana.

Kesan kedua adalah transportasi publiknya. Kami membeli one day pass untuk naik Metro dan trem. Metronya sangat bagus, bersih dan modern. Lebih bagus dari kebanyakan Metro yang pernah saya naiki di Eropa. Begitu juga dengan tremnya. Tapi beda dengan trem di negara2 lain yang relnya menyatu dengan jalan raya maka rel trem di Dubai menempati jalur sendiri.

Begitu juga monorail di Palm Jumeirah. Interior dan tampat duduknya yang berwarna pink terkesan mewah karena ada tempat duduk melingkarnya. Kaca jendelanya lebar sehingga kita bisa leluasa melihat pemandangan luar.

Bersambung

Metro Dubai

Di dalam Metro

Trem Dubai

Monorail Dubai

Artikel Terkait